www.vixonsalon.com

Rambut panjang menjadi idaman hampir setiap wanita. Mengapa dikatakan hampir? Karena dengan berbagai alasan, banyak juga wanita yang lebih menyukai rambut pendek. Berbagai cara memanjangkan rambut ditempuh oleh wanita sejak zaman dulu hingga sekarang. Ada cara alami, dan seiring perkembangan zaman yang semakin modern, ada juga cara buatan. Cara alami memanjangkan rambut adalah menggunakan bahan-bahan dari alam seperti minyak zaitun, santan, air kelapa, lidah buaya, teh hijau, bengkuang, dan lain-lain. Sedangkan cara buatan adalah dengan menggunakan hair extension. Apa itu hair extension?

Baca Kisah Sukses Berhasil Memanjangkan Rambut dalam Waktu Singkat -> KLIK DISINI

Pengertian Hair Extension

Untuk anda yang akrab dengan dunia fashion dan modelling, tentu sudah familiar dengan istilah hair extension. Namun untuk anda yang belum tau, sesuai namanya, hair extension adalah cara memanjangkan rambut dengan menyambungkan rambut dengan rambut yang ada di kepala, helai demi helai. Coba, anda hitung, ada berapa helai rambut yang tumbuh di kepala anda? Ada berapa helai hair extension yang dibutuhkan untuk membuatnya terlihat panjang secara sempurna? Tentu pekerjaan yang sangat berat dan membutuhkan ketelitian ekstra, itulah yang membuat biaya hair extension meledak di pasaran. Untuk anda yang sudah siap merogoh kocek dalam-dalam, ketahui dulu segala informasi yang anda butuhkan dari A hingga Z mengenai hair extension ini.

Kegunaan dari Hair Extension

Apa sih gunanya hair extension ini? Selain untuk memanjangkan rambut, hair extension sudah menjadi tren kecantikan yang sangat membantu wanita dan paling diminati dibandingkan cara memanjangkan rambut yang lainnya. Menurut pengakuan salon yang melayani hair extension, umumnya hal ini dilakukan untuk kepentingan ocassional ketika ada acara, atau ketika wanita sudah terlanjur potong pendek namun tidak pede dengan hasilnya, dan ingin menambah volume rambutnya sehingga kelihatan lebih tebal pada wanita dengan rambut tipis. Rambut sambungan yang digunakan seringkali adalah rambut asli, ataupun sintetis. Asli adalah lebih baik dibandingkan sintetis.

Metode Hair Extension

Hair extension dilakukan dengan metode yang terus diperbaharui untuk memenuhi kebutuhan wanita. Awalnya hair extension dilakukan dengan menggunakan ring atau cincin jepitan yang dijepit di ujung rambut seseorang. Namun metode ini sering dikeluhkan oleh pemakainya karena ring-ring yang digunakan terasa berat di kepala dan menimbulkan sakit di leher. Ring ini tentu saja diselipkan di bagian dalam rambut ya sehingga tidak kelihatan dari luar dan terlihat alami. Kemudian muncullah tren menggunakan lem, namun masih dirasa risih dan sering lengket pada rambut. Hingga terakhir berkembanglah metode sulam, dimana rambut sambungan dengan rambut asli disatukan dengan cara dikepang dan diikat menggunakan karet hitam tahan panas dan kuat.

COBA BACA INI  Cara Untuk Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Namun Alami

Tidak hanya sekedar panjang, rambut sambungan anda haruslah memberikan kesan yang natural sehingga cocok dan sedap dipandang mata. Untuk itu, anda harus pandai menyesuaikannya dengan rambut asli anda sendiri. Jika rambut anda tipe bergelombang dengan tekstur medium, anda bisa mempertimbangkan untuk menempelkan hair extension dengan lem keratin yang bisa mengikat rambut dengan baik. Tipe rambut bergelombang dengan metode seperti ini biasanya tahan hingga empat bulan dengan perawatan yang cekatan.

Untuk anda yang berambut lurus, metode penempelan dengan selotip khusus jenis polyurethane dengan warna transparan sangat direkomendasikan. Rambut sambungan akan langsung ditempelkan pada kulit kepala anda, sehingga anda perlu menyisirnya dengan hati-hati. Biasanya metode ini bertahan dengan baik hingga 3 bulan.

Sedangkan untuk anda yang berambut tebal dan keriting, anda bisa menggunakan metode sulam dengan rambut sambungan dikepang ke rambut asli anda. Percayakan metode ini kepada yang sudah ahli karena kepangannya yang sangat kecil dan padat membutuhkan kesabaran serta ketelitian ekstra. Namun metode ini adalah yang terkuat dan bisa tahan paling lama.

Kelebihan dan Kekurangan Hair Extension

Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Kelebihannya ya sudah pasti, anda akan merasa lebih pede dan tampil cantik dengan rambut panjang dan lebih bervolume. Namun ternyata pepatah cantik itu mahal adalah benar. Bukan hanya mahal di biaya pemasangan dan perawatannya saja, mahal juga penderitaan atau kesulitan yang harus ditanggung. Masalah yang paling sering timbul pertama kali adalah soal kenyamanan. Banyak yang merasakan sakit kepala dan leher karena menerima beban yang lebih dari biasanya. Ketika tidur juga merasakan seperti ada yang mengganjal. Namun masalah kenyamanan ini akan hilang seiring terbiasanya anda menggunakan hair extension.

Masalah berikutnya yang ditimbulkan oleh hair extension sebagai cara memanjangkan rambut instan adalah kulit kepala yang gatal hingga berketombe. Gangguan ini muncul karena ketika keramas, residu shampoo akan tersangkut dan tertinggal di kulit kepala sekitar area penyambungan. Rontok jarang dikeluhkan sebelum pelepasan. Namun ketika hair extension di lepas, sering terjadi gumpalan rambut rontok yang selama ini terhenti karena rambut disulam tadi. Normalnya rambut manusia memang setiap hari harus rontok beberapa helai yang sudah mati. Masalah terakhir yang dikeluhkan adalah sulit menyisir rambut dan harus ekstra hati-hati. Well, cantik itu sepertinya sulit ya, bagaimana menurut anda?

COBA BACA INI  5 Cara Cara Untuk Memanjangkan Rambut Sehat Secara Alami

Do and Don’t pada Hair Extension

Cara memanjangkan rambut dengan hair extension membutuhkan perawatan yang teliti, sehingga pastikan anda melakukan hal-hal berikut:

  • Pengecekan berkala sebisa mungkin sebulan sekali untuk mengatur ulang rambut sambungan anda, apakah ada yang lepas atau tidak.
  • Kepang lah atau ikatlah rambut dengan bahan yang lembut dan kendur saja agar hair extension tidak kusut jika anda banyak bergerak saat tidur. Jika anda tidak banyak bergerak, disisir rapi saja sudah cukup.
  • Tegakkan atau dongakkan kepala anda saat keramas, gerakkan jari secara vertikal atau horizontal satu arah saja, tidak memutar-mutar agar hair extension tidak kusut. Kondisioner dapat diaplikasikan pada ujung rambut anda saja agar hair extension tidak mudah kusut dan berkilau.
  • Sisir dari arah bawah dulu lalu ke atas untuk menghindari rambut kusut. Untuk bagian atas, anda bisa menyisir dengan sisir sasak kira-kira 2 cm sebelum sambungan. Untuk bagian sisanya, sisir biasa juga bisa digunakan.
  • Usahakan bagian sambungan selalu kering. Mintalah pihak salon atau penata rambut untuk mencuci bagian sambungan rambut anda pada saat pengecekan bulanan agar lebih bersih.

Selanjutnya, ada beberapa hal yang harus dihindari dalam menggunakan hair extension sebagai cara memanjangkan rambut, diantaranya:

  • Meangaplikasikan kondisioner pada bagian sambungan. Hal ini bisa menyebabkan daya rekat sambungan menjadi berkurang. Kondisioner bersifat berbeda dengan air biasa. Aplikasikan pada bagian ujung hair extension saja.
  • Menggunakan kembali hair extension yang sudah pernah dipakai tidak direkomendasikan karena pada dasarnya produk ini diciptakan untuk sekali pakai dan buang. Hair extension yang sudah pernah dipakai sebelumnya pasti sudah kusut dan malah akan merusak penampilan anda.

Mau cara lengkap menumbuhkan rambut yang telah terbukti berhasil?Untuk mengetahui rahasia mengurangi rontok dan menumbuhkan rambut hanya dalam beberapa minggu secara alami sahabat bisa mempelajari caranya disini